Pendidikan Dasar sebagai Awal dari Struktur Pendidikan Anak


Pendidikan Dasar adalah awal dari struktur pendidikan yang tersusun bagi kebanyakan anak-anak pada umunya. Beberapa diantaranya mungkin telah mengenyam b
eberapa tahun pendidikan pra-sekolah (atau sekarang lebih dikenal dengan PAUD), tetapi hal ini sering menjadi “Dilema” bagi orang tua. Kebanyakan negara-negara berkembang memulai program pendidikan dasarnya bagi anak-anak usia enam tahun.

Kebanyakan anak-anak mengawali pendidikan dasarnya dengan berbagai macam latar belakang serta alasan. Ada diantara mereka mengawali pendidikan dasarnya karena rasa senang dan gembira dapat berkumpul dengan anak-anak yang lain. Namun kebanyakan anak-anak mengawali pendidikan dasarnya karena alasan usia serta “beban” harapan orang tua tentang masa depan. Karena alasan ini beberapa diantara mereka dihinggapi rasa takut untuk setiap hari meninggalkan rumah serta orang tuanya.




Pendidikan dasar harus membantu semua siswa menyesuaikan dirinya kepada rutinitas baru yang berhubungan dengan pelajaran. Guru harus dapat menghadirkan “cara-cara gembira” untuk keseluruhan kelas. Dia harus selalu dapat menjaga anak-anak pintar untuk selalu berprestasi, serta selalu memberikan dorongan bagi anak-anak yang mengalami kendala.
Anak-anak yang “mampu” diperkenankan untuk membantu teman-teman lain yang mengalami hambatan sehingga dapat menyesuaikan diri dengan mereka serta tercipta hubungan baik antar sesama. Hampir semua siswa akan dengan cepat dapat menyesuaikan diri dengan teman-teman serta lingkungan sekolahnya. Namun ada pula anak-anak yang kurang mampu melakukan penyesuaian diri pada awal tahun pembelajarannya, sehingga memerlukan penanganan “klinis” untuk penanganannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar